Fakta BTS Rain adalah “Ayah BTS”


Eh eh, jangan ribut dulu. Akan kujelaskan maksudnya. 

Jadi gini, aku nonton Weekly Idol episode-nya Rain. Kalian tau Rain, ‘kan? Iya, solois yang dapet julukan “worldwide artist”, bukan worldwide handsome wkwk. Yang punya lagu ‘Rainism’ yang pernah di-cover BTS itu loh. 


Oke jadi, dia itu dateng ke Weekly Idol untuk mempromosikan albumnya ‘My Life’ yang jadi comeback-nya setelah lama hiatus. 

Nah, kenapa aku bilang Rain adalah “Ayah BTS”? 

Gini, Rain itu adalah artis pertama K-pop yang go internasional. Sebelum PSY tenar, Rain udah duluan. Dia itu jadi aktor Hollywood gitu, entah main film apa aku nggak tahu, tapi kalo aku liat di Weekly Idol sih, dia main film action. 

Rain nggak cuma debut aktor di Hollywood, dia juga dapet penghargaan sebagai aktor terbaik mengalahkan aktor-aktor barat. Keren banget nggak sih? 

Nah itulah kenapa Rain disebut sebagai “Ayah BTS”. Yang ngomong kalau Rain adalah “Ayah BTS” itu Hyungdon sama Defcon, MC di Weekly Idol. 

Duo MC ini bilang kalau Rain itu seperti seseorang yang membuka jalan baru, jalan baru go internasional bagi artis-artis K-pop. Rain bilang “enggak” berulang kali, tapi duo MC ini tetep aja ngotot bahkan ngasih Rain banyak banget nama julukan. 

Trus salah satu dari MC ini bilang, “kau itu adalah ayahnya BTS.” Rain langsung menyangkal. Nggak mau kalah, duo MC ini langsung nyebutin alasannya. 

Pertama, karena Rain, BTS bisa pergi ke Billboard. 
Kedua, Rain jadi role model banyak artis junior termasuk Jimin. 

“Makanya kamu itu ayahnya BTS.” 

Wkwkwkw, aku cuma ngakak aja liat Rain yang rada salting pas bilang enggak. 

Yang buat aku jadi seneng ke Rain itu satu. Karena duo MC ini terus ngotot kalo Rain adalah orang yang bisa bikin BTS go internasional, Rain bilang, “Itu bukan karenaku. Mereka sukses karena kerja keras mereka sendiri.” 

Duh, terharu saya. Ternyata ada juga orang yang mengakui kesuksesan BTS karena kerja keras mereka, bukan karena wajah

Rain itu orangnya sangat-sangat rendah hati, nggak sombong meskipun udah terkenal banget. Dan nggak heran kenapa BTS juga sangat-sangat rendah hati karena role model mereka selalu keren-keren. 

Selain di Weekly Idol, aku nemu video dimana Rain jadi tutor(?) dari acara The Unit kalo nggak salah. Dia itu memantau latihannya tim yang bakal nge-cover lagu Fire-nya BTS. Nah acara ini ‘kan kayak acara survival gitu, jadi pesertanya itu mereka-mereka yang masih jadi trainee. 



Ah sumpah, Rain itu keren banget jadi tutornya. Baru denger awal lagu aja dia udah paham gitu sama koreo lagu Fire. Tim ini, mereka itu (karena masih trainee) kurang begitu cocok lah nge-cover lagu yang sangat swag dan penuh energi kayak Fire. Pas mau masuk part-nya J-hope, Rain nyetop mereka. Trus dia bilang ke seseorang yang ngambil part “bultaoreune”-nya Suga, “tidak ada emosi sama sekali. kamu harus melakukannya dengan agresif.” 

Trus Rain bilang ke mereka kalau mereka harus punya gaya yang berbeda dengan artis aslinya (BTS), maksudnya, harus dengan karakter mereka sendiri. 

Sebagai fans BTS aku merasa bangga ke Rain. Aku nggak tahu apakah dia pernah denger lagu Fire atau enggak, tapi melihat kalau dia ngerti BTS punya energi yang extra setiap perform, terharu wkwkw. 

Setiap lagu BTS apalagi yang tipe-nya dance kayak Fire, Boy in Luv, dkk, memang sulit untuk di-cover. Sejauh ini aku belum nemu grup yang bisa nge-cover BTS sebagus BTS, soalnya BTS punya energi tersendiri dan warna suara yang unik. The Unit yang nge-cover Fire ini aja, menurutku keliatan kurang pas dari segi suara. Iya sih, mereka harus 100% live, dan suara mereka lebih lembut gitu dari BTS. Jadi rada-rada kurang fit-lah sama lagunya, apalagi pas “sagda bultaewora bow wow wow”. 

Oh ya, lagu barunya Rain "Gang" coba didenger deh. Bagus itu. Dance-nya apalagi hmmmm aku menunggu danceline BTS nge-cover ><

Oke sekian fakta BTS hari ini. Semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates: