Fakta BTS di Melon Music Awards (MMA) 2017


Meskipun MMA 2017 sudah berlalu beberapa hari lalu, pasti masih pada membekas acaranya di hati para ARMY. 


Yah meskipun nggak dapet daesang Album of The Year seperti tahun kemarin, atau Artist of The Year 2017, BTS tetep dapet penghargaan yang keren kok. 

BTS mendapat daesang Song of The Year untuk lagu Spring Day. Percaya nggak percaya, banyak yang menentang hasil MMA ini. Banyak yang komen, “kok Spring Day sih? Padahal Really Really yang berhak dapet penghargaannya.” Hm, aku sih no komen aja, soalnya aku nggak update chart musik korea kecuali kalo itu berhubungan dengan BTS. Really Really emang bagus, bagus banget, bahkan aku sendiri suka. Tapi mungkin, BTS nggak bersinar di Korea tapi lagu-lagu mereka sering masuk chart Billboard. 


Nggak heran sih, pasti hasil dari penyelenggara acara nggak sesuai ekspektasi. Kayak di M*MA 2017 kemarin itu. Yang menang Twice, tapi banyak fans yang bilang kalau yang lebih cocok itu Red Flavor-nya Red Velvet. 

Ya udah sih, diterima aja apa hasilnya haha. 

Selain Song of The Year, BTS dapet 4 penghargaan lain. Seperti Best Music Video untuk DNA, Global Artist, Top 10 MMA, daaaannn HOT TREND!

Sebagai Yoongi stan aku seneng banget Yoongi akhirnya dapet penghargaan untuk dirinya sendiri, sebagai seorang produser. Maksudku, dia itu memang HARUS dapet penghargaan, catet, HARUS. Gimana enggak? Kita sebagai ARMY sudah pasti tahu apa aja yang udah dilalui Yoongi sampe jadi sekarang ini. Semua lagunya menginspirasi, kata-katanya menginspirasi, kalau dia enggak dapet penghargaan sebagai produser, aneh. 

baca juga: [Fakta MMA 2017 #1] Jimin BTS dan Sungwoon Wanna One Kembar?

Dan yang paling kusuka dari MMA ini, acaranya beda banget nggak kayak M*MA. Meskipun BTS nggak dapet Artist of The Year karena kepopuleran mereka di tahun ini, mereka tetep dapet penghargaan yang seharusnya mereka dapet, yaitu Global Artist. 

Sebagai grup K-pop pertama yang tampil di AMA dan memenangkan penghargaan Top Social Artist di BBMA mengalahkan JB, Selena, dkk, mereka patut mendapat trophy ini. Udah deh, nggak butuh Artist of The Year kalau ada Global Artist. BTS nggak cuma menjadi artis yang bersinar di tahun ini tapi mereka adalah artis yang sudah mendunia. 

Cuplikan video yang dipertontonkan MMA sebelum memberi trophy ini ke BTS bikin merinding. Dari chart Billboard, penghargaan di BBMA, penampilan di AMA, muncul di 3 interview utama Amerika yaitu EllenShow, Jimmy Kimmel & Latte Latte Show, trus semua pemberitaan tentang BTS di berbagai negara, dan masih banyak lagi. Seperti memang sudah disiapkan MMA untuk BTS :”) 

Di MMA 2017, BTS perform selama kurang lebih 13 menit, meliputi Intro yang duetnya Jimin & J-hope pake musik di Highlight Reel video, DNA, YNWA, dan terakhir Spring Day. 

BTS pake kostum dasar putih untuk tampil YNWA & Spring Day.

BTS nyanyi live untuk semua perform!! Paling suka part-nya J-hope & Suga yang nyanyi pas YNWA T^T

Panggungnya MMA kalo dilihat dari atas itu keliatan kayak Shid, si kukang di film Ice Age. 

BTS sering duduk di belakangnya IU!!! Wah, Jungkook fanboying nih.

baca juga: [Fakta IU #1] Arti Logo Earphone Uaena dan Bunga Matthiola Incana di MMA 2017 

Jungkook bilang “nggak papa” pas IU di pidatonya bilang kalau pidatonya bakalan panjang (pas dapet Album of The Year)

BTS nganterin Suga ke panggung pas menang Hot Trend. Suran sampe ragu mau naik panggung apa enggak soalnya ada BTS wkwkwk. 

Yang di shoot kamera pas Suga ngasih winning speech untuk Hot Trend itu V sama J-hope, Jin & Jungkook. V kayak malu gimana gitu. Beda lagi sama trio J yang langsung hyper pas kena kamera. Jin langsung berlagak sok keren, sedangkan di sampingnya Jungkook mukul pahanya sambil ngakak, J-hope tepuk tangan kayak orang idiot. 

BTS fokus ngeliat & ngetawain Suga pas Suga ngasih winning speech

Jin ngasih winning speech untuk Top 10. Dia bilang “a a a a” kayak lagi ngecek mic, tapi ternyata ending-nya jadi “ARMY”. 

baca juga: [Fakta BTS #4] Artis Musik dan Selebriti Paling Banyak di Tweet (Twitter) di Dunia

Di sebuah fancam ada yang ngerekam RM lagi ngomong sesuatu ke V dan Jungkook yang duduk di sampingnya. Mungkin penting, soalnya setelah itu Jungkook beritahu Jin yang duduk di sebelahnya, trus Jin beritahu J-hope, dan J-hope beritahu Suga & Jimin. 



Park Jihoon Wanna One fanboying V pas BTS tampil Spring Day. 

Kameramen nge-shoot IU setelah part-nya Jungkook di DNA. 

Seorang MC yang bacain pemenang *entah apa itu*, dia seorang penulis webtoon/komik yang bilang kalau dia lagi gambar karakter Jin di komik/webtoon-nya.

Nah, itulah beberapa fakta yang bisa aku sajikan di sini. Karena belum ada video lengkap acaranya, jadi agak sulit nyari momen BTS. 

Sorry nggak bikin fakta M*MA 2017. Males. Meskipun BTS menang Artist of The Year, males ah bahas ular. Bahkan nulis namanya aja males. Biasanya Artist of The Year diumumkan terakhir, tahun ini kok diumumkan sebelum Album of The Year. Jadi aku mikirnya si penyelenggaranya tuh gini, “Karena yang menang BTS, jadi kita bikin ArOTY diumumkan sebelum AlOTY. Soalnya BTS dari Big Hit, bukan big3.” It’s okay, ARMY strong power thank you. Seketika aku nyanyi MIC Drop, deo beol il eobseo majimak insaya maldo eobseo sagwa do hajima (nggak usah berharap bisa ketemu lagi, ini ucapan selamat tinggalku yang terakhir. Ga usah banyak omong juga, minta maaf juga ga perlu).

Sekian.

Subscribe to receive free email updates: