Fakta BTS @EllenShow 2017


Daripada bikin fakta bulanan, kukasih nih fakta per-topik. Jadi, sekarang aku mau bahas fakta-fakta di ‘The Ellen DeGeneres Show’. Siapa yang udah nonton acaranya? 


Aku nggak tahu sih apa ada ya video dengan Indo sub. Soalnya ‘kan udah pake bahasa Inggris di acaranya, jadi agak sulit ngasih Indo sub wkwkwk. 

Sebenernya aku juga nggak fluent English, tapi aku rada-rada ngertilah sama apa yang mereka omongin. 

Jadi pertama BTS muncul perform MIC Drop. MIC Drop yang versi remix itu. Bajunya keren-keren tau. Suga, Taehyung sama Jin pake headband. Jin pake jaket (kresek) Supreme kayak punyanya Suga (atau emang punyanya Suga?). Suga & Taehyung pake celana tentara yang sama. Dan aku paling sibuk liat bajunya RM. Apa nggak berat ya ngedance pake baju segede itu? wkwkw Tapi sebenernya cocok aja buat RM, toh RM tinggi. Yang khawatir tuh Suga. Jaketnya juga sama besarnya kayak RM, tapi ga gitu keliatan berat sih, cuma Suga keliatan mungil wkwkwk. 

Mereka perform MIC Drop remix-nya live loh!! 

Suga ngelempar mic-nya di akhir koreo tapi nggak diabadikan sama si kameramen :”) Padahal mau lihat seberapa menyebalkannya wajah dia pas ngelempar mic hahaha. 

Pas musik udah mati, si Ellen tiba-tiba naik panggung itu, agak jauh di belakang mereka ikut posenya mereka. 

Trus setelah itu satu persatu member BTS meluk Ellen :”) Boleh ganti posisi gak, tante? Waks. Yang pertama dipeluk Yoongi lagi T^T mauuuuuu

Aku nggak tau berapa lama durasi acaranya, tapi kayaknya singkat banget kok. Di interview-nya, mereka disuruh memperkenalkan diri satu persatu trus Ellen nanya 3 pertanyaan dan ngasih hadiah, udah gitu doang. 

RM: “Hai, nice to meet you, my name is RM and the the leader of this crew…” *maaf ngga bisa denger kata-kata yang terakhir soalnya ARMY tereak-tereak*

V: “Hai guys, hai guys (deep voice, ARMY tereak kenceng!!) my name is V.” 

JH: “Hu! Hai! I’m your hope, you’re my hope, I’m J-hope.” *ARMY: HUWAAAAAAAAAAAAAAAAA!!! 

SG: “Hai… (ARMY: SUGAAAAAAAAAAA!!) I’m Suga.” 

JK: “Hai! (ARMY: JUNGKOOOOOOOOOOK) Hai I’m Jungkook.”

Jin: “Hallo! My name is Jin, and the worldwide handsome.”

JM: “Nice to meet you guys I’m—(ARMY: JIMIIIIIIIIIIIIIIIIIIINNNNNNNNNNNNNN!)(Jiminnya kaget wkwkwk) I’m Jimin.” 

Karena hampir semua member kecuali RM ngga gitu fluent English, makanya ada penerjemah Korea-Inggris di sana. 

Ellen tanya tentang gimana RM belajar bahasa Inggris. RM bilang dia belajar bahasa Inggris sendiri/otodidak. 

Trus ditanya gimana caranya RM belajar bahasa Inggris otodidak. RM menjelaskan kalau dia belajar bahasa inggrisnya dari sitcom ‘Friends’. Di usianya yang 14/15 tahun, karena orangtua Korea itu pingin anaknya pinter bahasa Inggris, RM itu merasa seperti ‘korban’ gitu jadi dia dipaksa untuk menonton ‘Friends’, tapi setelahnya dia merasa beruntung karena jadi satu-satunya member yang fluent English. 

Ibunya Namjoon belikan banyak banget season DVD ‘Friends’. Awalnya Namjoon nonton pake subtitle Korea, trus ganti pake subtitle Inggris, dan kemudian dia ngga pake subtitle apa pun. 

Ellen nanya tentang penulisan lirik lagu BTS yang membahas tentang mental health. Trus diterjemahkan sama si penerjemah ke bahasa Korea. Ellen kan nggak ngerti, begitu si penerjemah selesai bicara, dia bilang “ya itu yang aku bilang” wkwkwk. 

Karena yang banyak nulis lagu BTS itu Suga, makanya Suga yang ngambil kesempatan jawab. Jadi kesimpulannya, Suga itu bilang, meskipun bahasa kita beda entah Inggris, entah Korea, entah apa pun, tapi kita berbicara bahasa yang sama jika mengenai apa yang kita rasakan, entah itu bahagia, sedih, dll. Jadi BTS membuat musik berdasarkan pengalaman pribadi/ yang bermuatan mental health dengan tujuan mengirimkan sebuah pesan positif pada semua orang di belahan dunia manapun. 

Ellen menanyakan apa arti ARMY. RM menjelaskan tentang arti BTS, yaitu Bulletproof Boy Scout, sehingga ARMY adalah mereka-mereka yang ada di samping BTS. 

Dan yang paling menarik itu, Ellen tanya, “have you ever hooked up with fans?”. Kalian tahu apa hooked up? Hooked up itu bukan sekadar ngedate atau bertemu secara privat, tapi lebih dari itu. RM yang fluent Inggris jelas ngerti, dia sampe ketawa. Tapi member lain enggak dan si penerjemah juga seperti menghindar untuk menerjemahkannya, jadi reaksi BTS tuh kayak anak-anak polos gitu wkwkwk. 

RM bilangnya, “kita melakukannya sekarang” (dengan polosnya), trus Ellen nyahut, “hei, kamu pasti tahu apa maksudku.” Jimin sampe ngakak denger Ellen bilang gitu. Duh polosnya mereka ini hahaha. Reaksi V juga innocent banget pas fans tereak kenceng. 

Ellen sampe bilang ke si penerjemahnya, “jelaskan mereka apa itu hook.” Wkwkwk. 



Setelah dijelaskan, V langsung bilang, “NOT! NOT!” (not today kali hahaha), trus setelah dikoreksi Namjoon, V bilang, “NO!”

Akhirnya Ellen nyerah nanya BTS lagi hahaha. Setelah itu BTS dikasih sekerdus barang-barang ‘Friends’. Kayak topi, dkk. 

Dan selesai sudah Ellen Show-nya. Singkat bener yak hhh, kok kurang puas wkwkwk. 



Tapi setelah itu, mereka perform DNA. Ya masih pake kostum MIC Drop. DNA versi swag. 
Karena panggungnya kecil, pas bagian “lalalalala”, mereka nggak bisa ambil posisi yang semestinya, menyesuaikan bentuk panggung.

Trus pas part-nya Jimin yang “hamkenikka”, semua fans juga mengarahkan tangan ke depan kayak Jimin. 

Nah, udah itu doang fakta yang bisa kusajikan. Kalau mau lihat lengkapnya cek Youtube, atau download ellentube app. 

Kalo menurutku sih, interview di Ellen ini masuk salah satu yang terbaik di US, selain interview bareng Zach dan The Morning Mess. BTS nggak keliatan canggung atau kaku gitu. Mereka kelihatan santai, bisa ketawa meskipun ngomongnya cuma dikit. Pokoknya terbaik deh. [na]

Subscribe to receive free email updates: