[Cuap-Cuap Author] Mari Mengapresiasi Girlband K-pop


Off dulu dari BTS-nya, sekarang kita coba bahas tentang girlband Korea yuk. 

Mungkin sebagian besar fangirls kurang suka sama girlband. Kenapa? Hm … karena banyak hal juga sih, salah satu alasannya takut kalo seandainya oppa-oppa mereka pacaran sama salah satu diantara member GB itu. 


Sekarang kesampingkan dulu rasa tidak suka kalian, dan coba baca ini. 

Aku memang kurang suka sama GB, konsepnya ga jauh-jauh dari konsep seksi, imut, sporty, gitu-gitu lah. Tapi biar bagaimanapun mereka udah melalui masa-masa sulit trainee sampe akhirnya jadi seperti yang kita lihat sekarang ini. 

GB itu selalu dipandang sebagai “manekin”. Badan langsing, dengan ukuran pinggang kecil, wajah sempurna, kulit putih bersinar, bertalenta, dan seterusnya. Kayak engga dipandang sebagai manusia.

Kadang suka kasian sama mereka-mereka yang harus ngga makan cuma demi mendapat badan yang langsing. Rela ngabisin duit & ngambil resiko operasi plastik. Pokoknya parah banget deh kehidupan girlband di Korea sana. Ngebayangin aku di sana … duh … udah kena masalah mental deh. 

Dilihat dari semua kesulitan mereka itu, coba deh kalian sebagai cewek-cewek, apresiasilah mereka barang sedikit. Iya, dalam Islam memang cewek ga boleh umbar-umbar badan. Tapi sebentar aja lupakan tentang SARA, apresiasi mereka selayaknya manusia pada manusia. Kita sama-sama cewek, kalo dibenci gara-gara hal tidak berdasar setelah melalui perjuangan sesulit itu, yakin masih hidup? 

ARMY, inget, BTS udah bilang, #LoveMySelf #LoveYourSelf #Endviolance. Bahkan tanpa harus dikoarkan BTS, kita udah harus mencanangkan itu dalam diri kita. 

Aku akan ngambil 3 contoh girlband, yang mereka adalah favoritku di K-pop. 

1. Blackpink

Awalnya aku memang kurang suka Blackpink. Kupikir, mereka akan sama aja kayak girlband lain. Nyatanya aku kena “tampar” karma karena setelah itu aku malah jadi fangirl-nya Blackpink. Kebanyakan nggak suka Blackpink, khususnya orang Korea, karena mereka keliatan sok-sok imut gitu di depan kamera. 

Sebenernya sih mau bertingkah imut apa enggak itu urusan mereka. Tapi kalo hanya karena itu mereka ngga disukai, kok kedengeran lucu ya? Hahaha. Nyari-nyari alasan nggak suka. Padahal kebanyakan girlband bahkan boyband juga kayak gitu di depan kamera (off stage). Trus kenapa cuma Blackpink yang dilihat jelek? 

Jadi apa talenta dan kerja keras Blackpink selama ini cuma bohongan? Semakin bagus seseorang, semakin banyak yang ngga suka. Alasan mereka ga suka itu karena iri, insecure. Iya, saking bagusnya sampe nggak suka itu bukan mitos. 

Suara Rose terlalu bagus, Jennie terlalu berbakat, Jisoo terlalu cantik, Lisa terlalu memesona. 

Makanya aku suka mereka meski kalian-kalian enggak suka. 

2. Red Velvet

Hayo, siapa yang ga suka/benci Seulgi setelah rumor pacaran dia sama Jimin? Ngaku gak?!
Menurutku, Red Velvet tuh banyak haters-nya gara-gara rumor kencan. Ga mendasar banget sih hhhh. 

Seulgi ga disukai gara-gara dirumorin sama Jimin, 
Irene ga disukai gara-gara dirumorin sama banyak cowok (Park Bogum, V, Sehun, dll), 
Joy (mungkin) juga ga disukai gara-gara rumornya sama V. 

Kok yang cewek sih yang disalahin? ._. Heran deh aku. 

Aku sejujurnya ga suka member RV dipasangin sama member BTS, dipasangin loh yah bukan pacaran beneran. Kalo mereka punya hubungan kayak gitu beneran, ya udah, kita punya hak apa coba? ._. 

Seulgi itu cantik, imut gitu wajahnya tapi enggak berusaha imut. Ya udah imut dari sononya, mau gimana lagi. Dan karena dia dancer di grup, kesannya dia tuh punya suatu kemistri dengan Jimin BTS. Keliatan ada mirip-miripnya ga sih? Apa aku doang yang merasa kayak gitu? Generasi baru dari Kai-Krystal wkwkwk, terlalu dapet kemistri sampe jadian beneran :” 

Kalo sampe jadian beneran, ya udah. Seulgi nggak banyak bertingkah kok, nggak banyak kena kasus, nggak akan berdampak buruk ke kedua belah pihak. Paling yang jelek-jelekin ya “fans” mereka sendiri hhh, fans kok jelek-jelekin idolanya haha. 

baca juga: [Terjemahan BTS Rolling Paper] Jimin, V & Jungkook (VMinKook/Maknaeline)

Irene … dia dari Daegu, cantik banget, mau pacaran beneran sama pangeran dari Daegu (read: Taehyung) juga ga masalah. Heee, aku Taehyung stan juga loh, sejak 2014.  Tapi meskipun aku Taehyung stan, memang harus gitu ngelarang-ngelarang Taehyung mau sama siapa? Derita fans, fans cuma punya sedikit kemungkinan untuk bersama idolanya, camkan itu. 

Ngebenci Irene cuma gara-gara rumor kencan atau karena dia dipasangin sama banyak idol cowok, itu menggelikan. Katanya ga mau disebut fans childish, tapi tingkah tetep premature hmmm…. 

Joy juga, jangan dibenci ah. Taehyung itu dirumorin sama banyak cewek, ya Irene, ya Yerin, ya Sowon, ya Joy, tapi ‘kan nggak ada yang bener sampe sekarang ini. Jadi jangan benci Joy karena itu. Joy emang cantik, dipasangin sama siapapun cocok, apalagi Sungjae wkwkwkw. 

Untuk Wendy sama Yeri, mereka sih memang tidak dibenci karena alasan cowok. Mereka dibenci karena diri mereka. Wendy yang gendut dibenci, Yeri yang jadi member baru RV dibenci :”) 

Kalian harus tau seberapa menyakitkannya dibenci karena punya badan gendut. Apa yang keluar dari mulutmu bisa berbahaya untuk mental seseorang. Kayak Wendy, kayak Jimin. Gendut/tembem dikit aja udah diejek. Begitu udah kurus, terlalu kurus malah eh disuruh nambah BB lagi. Yang konsisten dong. Udah dikasih jantung, minta hati, ya udah, kamu dapetnya usus besar :v 

Wendy jadi mikirnya, “kalo aku gendut, aku pasti dapet kebencian & bikin grupku ikut jelek. Tapi kalo aku kurus, aku bisa dapet cinta & bikin grupku ikut dapet banyak cinta juga.” Duh aku hampir nangis pas liat video tentang Wendy & Jimin yang berusaha mati-matian menguruskan badan demi memenuhi permintaan “fans”-nya. Sampe kurus banget, khawatir aku kalo mereka pingsan pas di panggung. Terlalu jahat “fans”-nya ah :”(

Yeri masih remaja, kalo kalian ngebenci dia karena dia “ngerusak” formasi RV atau karena sifatnya yang ceria demi “mencuri perhatian”, itu saaaangaaaat kekanakkan. Yeri itu bisa aja udah jadi member RV sebelum RV debut. Cuma karena usianya masih terlalu muda, makanya dia debutnya telat. Trus apa kalian mengharapkan Yeri sebagai seorang gadis remaja yang menderita depresi? Apa salahnya punya sifat ceria di usia segitu? Idol cewek seusianya, katakanlah Suhyun AKMU, dia ‘kan juga punya sifat ceria, tapi ga dibenci tuh. ‘Kan aneh. 

3. Girlfriend (Gfriend)



Karena kasus plagiaris, Gfriend yang seharusnya berhak disukai malah dibenci. Aku suka semua lagu-lagunya, suka dance-nya, orang-orangnya juga. Kayaknya kalo cuma karena itu, aneh deh. 

Iya, aku tahu, intro Navillera emang mirip sama intro lagu Chasing-nya Infinite. Aku suka lagu Chasing makanya aku selalu terbayang lagu itu setiap kali denger Navillera. 
Tapi ya … masa hanya karena itu sih? Yang salah bukan Gfriend-nya, tapi yang bikin lagunya. Gfriend nggak berhak dapet kebencian karena itu duh. 

Suka nggak ngerti deh. 

Kalo untuk urusan dipasangin sama member BTS, ya semua member Gfriend kena. Sowon-Jin, Yerin-V, Eunha-Jungkook, Shin B-Jhope, Umji-Suga. Aku nggak tahu Yuju dipasangkan apa enggak, tapi setauku Yuju dipasangkan sama DK SVT. 

Aku suka Shin B -  Jhope, ya karena sama-sama dancer aja, pingin mereka kolaborasi bareng. Bukan mengarah ke yang lain-lain. 

Umji – Suga, aku nggak tau kenapa mereka dipasangin hahaha. Ora pahamlah sama pikiran orang yang masangin mereka. 

Eunha – Jungkook, udah jangan ditanya, dua anak ini kayak Jimin – Seulgi atau Kai – Krystal, sama-sama punya kemistri kuat. Apalagi katanya dulu Eunha itu trainee Big Hit sebelum di Source Music, mau ada samting diantara mereka ya sekarep, aku nggak bisa komen apa-apa dah. 

Sowon – Jin, oke, mereka yang paling tua di grup dan disebut-sebut sebagai ibu-nya grup. Mau mereka jadian juga gapapa hahaha, tapi jangan sekarang, nanti aja kalo usia Gfriend udah 5 atau 6 tahun wkwkwk. 

baca juga: Fakta BTS YoonJin (Suga & Jin) Part 1

Yerin – V, ini paling ngedrama wkwkwk. Kalo nggak salah di MMA 2016, Taehyung bungkuk gitu ya ke Yerin, tapi Yerin cuek aja dan cuma lewat wkwkwk. V emang selalu dipasangin sama yang cantik-cantik, ga heran, ganteng kok wkwkw. 

Ya kamu akan tetap benci mereka kalo dilihat dari segi itu. Liat dari segi artis dong. Mereka patut dapet apresiasi. Jatuh bangun pas ngedance di tengah hujan, setiap dateng ke Weekly Idol mesti disuruh 2x faster dance, ngga mudah kayak gitu. 


Intinya, meskipun memang sulit, coba lihat semua hal dari sudut pandang yang berbeda. Apalagi kita sama-sama cewek. Aku nggak ngerti kenapa sesama cewek saling menjatuhkan, padahal cowok juga belum tentu baik. Kamu mengharapkan cowok mau menghargai dan menghormatimu, tapi kamu tidak melakukan hal yang sama pada cewek lain. Jangan harap. 

#LoveYourself dan #Endviolance. Nggak usah nunggu yang lain, mulai dari diri sendiri. Semua yang kamu lakukan pasti akan kembali padamu. 

Thx sudah baca tulisan ini. ^_^

Subscribe to receive free email updates: