Fakta BTS Update Agustus 2017 [15/08/17]


Aloha! Akhirnya aku sempat juga bikin update-an ini. Serius, sulit banget nyari waktu. Soalnya banyak ff yang minta ditamatin, makanya fokusku banyak terforsir ke ff. 


Oke jadi, yang Juli udah selesai dan sekarang beralih ke bulan Agustus. Sebenernya aku bingung sih mau mulai dari mana. Tapi kalau kalian mau tahu, BTS itu mesti ada aja berita baru setiap harinya. Jadi, kesannya mereka seperti ngga mau ngasih istirahat buat ARMY. Dan cukup melelahkan kalau aku update-nya setiap hari. Biasanya dikumpulkan dulu sampai banyak, baru di posting. 


Cus aja deh. 


[03/08/17]

1. Bon Voyage eps 6, BTS pergi ke laut untuk liat hiu secara langsung. Mereka turun ke kurungan(?) besi yang buat dipakai ngeliat hiu itu secara gantian. Jadi tiga member dulu, baru 4 sisanya terakhir. 3 member pertama yang masuk adalah Suga, Jimin dan Jungkook. Mereka excited banget pas bisa ngeliat hiu-hiu itu secara langsung. Giliran 4 member lainnya, J-hope kayak ragu gitu mau nyelam. Tapi akhirnya dia nyelam juga dan dia bilang kalau hiu-hiu itu ternyata ngga menakutkan seperti dia bayangkan, malah lucu katanya. 

2. J-hope mabuk laut jadi dia absen syuting dulu pas BTS jalan-jalan cari makan sehabis ngeliat hiu. BTS dibagi dalam 2 kelompok. Kelompok 1 Suga, Jin dan Jungkook (kelompok So Far Away), dan kelompok 2 Rap Monster ft VMin. 


3. Kelompok So Far Away pergi beli makanan yang dijual sama orang Korea, jadi pesennya bisa pake bahasa Korea.  Pas Jin antri sendirian untuk ambil menu *aku nggak tahu apa*, dia tuh ditungguin sama Suga & Jungkook. Tapi Jin malah iseng ngasih kecup terbang ke mereka sampe 3 kali, dan ekspresi Suga kayak bilang “I’m so done with him”.


4. RM & Vmin pergi beli burger. Mereka duduk di meja luar, nomor 63. Karena di luar, ada banyak burung di sana. Pas ada burung yang kepalanya warna merah, Jimin pingin ambil fotonya, tapi udah keburu terbang. Ada juga burung yang satu kakinya kayak ngga ada jarinya gitu, dan itu diliatin sama 3 member ini. pesenan mereka datengnya lama banget. RM nyuruh V untuk tanya ke kasirnya. Kalian harus tahu kalau bahasa inggris-nya V udah improve. Dia bahkan ngerti kalau kasirnya bilang “5 minutes”. Sama RM dia dikasih pujian gitu. Setelah 5 menit, pesenan mereka masih belum juga datang. V tanya lagi ke sana, katanya 2 menit lagi. tapi sampai lebih dari 2 menit tetep aja ngga datang. ternyata sama pihak restonya udah dijelaskan di badan cup soda yang mereka minum, kalau memang resto ini lama tapi hasilnya nggak akan mengecewakan. Mereka udah kelaparan setengah mati & hampir nyerah sampai akhirnya burger mereka datang juga. 


5. Setelah jalan-jalan siang, menjelang malam mereka jalan-jalan lagi. kali ini dibagi dalam 3 kelompok. Kelompok Daegu Boys, kelompok 94L dan kelompok JJJ. Kayaknya mereka udah dikasih jatah gitu (mungkin di episode sebelumnya mereka main game trus dapet jatah uang untuk 1 kelompok). 3 kelompok ini sama-sama nyari restoran makanan Korea. Kelompok JJJ sebenernya udah dapet, tapi antriannya terlalu panjang, mereka akhirnya nyerah dan ketemu kelompok 94L di restoran yang sama. 2 kelompok ini memutuskan untuk tidak saling kenal. Mereka menempati meja yang beda dan memesan makanan yang beda sesuai jatah masing-masing. Kelompok JJJ sepakat berpura-pura ngga punya duit, jadi mereka pesen makanan alakadarnya aja. Trus pas pesenan 94L datang, mereka langsung bawa mangkuk dan ‘ngemis’ ke kelompok ini. Tapi sayang sekali, mereka ngga dapet apa-apa.


6. Kelompok Daegu Boys sendiri makan di restoran lain, mereka pesen mie dingin & sup kedelai cuma 1 porsi doang, dibagi berdua (My Taegi feels). Pas makan, mereka tuh kayak pura-pura nangis gitu (aku ngga ngerti, soalnya subtitle-nya nggak lengkap). Taehyung so sweet banget tau, dia itu menyisihkan telor sama daging ke mangkuknya Yoongi, Yoongi kayak malu-malu gitu sambil nyanyi lagu so sweet apa gitu ngga tahu deh. Setelah makan mereka jalan-jalan cari souvenir. Yang mereka beli itu gelang sama kalung Hawaii. Mereka bikin janji, “ayo kita pakai gelang dan kalung ini sampai di Incheon. Janji tidak akan dilepas”. Trus setelah itu mereka main game. Jadi mereka main batu gunting kertas, siapa yang menang akan turun satu tingkat tangga, siapa yang sampe di bawah duluan, bakal digendong sama yang kalah. Dan yang menang adalah Suga, jadi Taehyung kudu gendong dia. 


7. Kelompok JJJ beli gantungan kunci ukulele yang dipasang di anting mereka, sedangkan 94L beli sandal bermotif samaan. 


8. Kelompok JJJ ketemu sama orang-orang yang lagi B-boy di jalan. Trus mereka ikutan, tapi ya gitu, adanya malah ngelawak. 


9. Kelompok 94L pas di pantai bikin tulisan J-Hope (bintang) RM di pasir, trus foto bareng. 


10. Dikabarkan bahwa BTS telah menandatangani kontrak sebagai model endorse sebesar milyaran won.


11. Hanya karena Suran menuliskan caption S <3 S, Suran di-bash sama ARMY karena dianggap dating sama Yoongi. Padahal maksudnya itu Suran love Spain. 


12. BTS menjadi boygrup pertama yang berhasil mencapai 200,000 hati untuk lagu Spring Day di MelOn. Sebelumnya yang juga berhasil mencapai angka 200,000 hati adalah lagu Galaxy (Bolbbalgan4), I Will Go To You Like the First Snow (Ailee), Wild Flower (Park Hyosin) dan Cherry Blossom Ending (Busker Busker).


13.  Ternyata Son Sungdeuk, koreografer BTS, ikut andil dalam pembuatan koreografi lagu Gfriend Love Whisper. Bisa dilihat ada satu gerakan yang mirip dengan koreografi lagu Run. 


[04/08/17]

14. Jimin ganti warna rambut ke pink lagi :”) tapi lebih gelap pink-nya. 



15. Taehyung ganti gaya rambut. Cute banget, poninya tanggung kayak poni-nya Jin pas Not Today. 




16. Jungkook akhirnya update twitter. Di tangannya ada bentolan merah, digigit nyamuk kayaknya. 




17. Daegu Boys :”) tolong jidatnya Min Yoongz T^T 



18. BTS itu baca komentarnya ARMY di update-an twitter mereka. RM bilang dia pernah liat meme basket mereka (?) ga paham

19. Jimin suka sama kepribadiannya Jin. Trus member pada bilang kalau Jin sama Jimin akhir-akhir ini barengan terus. Mereka malah main petak umpet berdua. Dan yang komentar soal itu adalah Namjoon & Suga. Cieee ada yang cemburu :v (Namjin & Yoonmin shipper mana suaranya!!)




20. Namjoon rambutnya blonde kayaknya. Ngga gitu kelihatan soalnya ditutupin topi. 




21. Jin rambutnya warna item, dan potongannya rapi sekali :”) 




22. Jimin muncul di halaman utama Naver karena rambutnya yang balik ke warna pink. Sebenernya rambut Jimin itu dua kali pewarnaan, blonde & pink, tapi lebih banyak pink-nya sih. 


23. Masih inget pas BTS nonton MV BST? Nah, disitu kan Yoongi bilang kalau dialah yang seharusnya nutup matanya Jin, tapi gajadi. Di BTS Memories 2016, emang bener kalau pertamanya yang harus nutup matanya Jin adalah Yoongi, soalnya perannya di BST emang sering gitu. Tapi, tiga kali take gagal terus soalnya nggak pas gitu. Yoongi kependekan tolong :”) dan dia kudu sedikit jinjit kalo harus naruh tangannya di mata Jin. 


24. Syuting adegan Yoonmin untuk MV BST di BTS Memories 2016, Yoongi itu salah nempatin kain penutup matanya Jimin ke hidung. Dia nggak tahu soalnya berdiri di belakang, dia tahunya pas staf pada ketawa. 


25. BTS 2nd Muster, vocal line sama rap line tukeran posisi pas nyanyi Miss Right. 


26. BTS 2nd Muster, vocal line pada nyanyi Cypher pt 3. Jin ngambil part-nya RM tapi trus dilanjut sama JK dan V. V paling semangat bung!


27. BTS 2nd Muster, Rap Monster nyanyi solo lagu Butterfly


28. BTS Bon Voyage Ep 6 Behind Cam, J-Hope tiduran di bawah pohon setelah ngeliat hiu. Dia tidur selama 2 jam. Sama Jimin & Suga dibangunin. Suga bilangnya, “Hoseok-a, kamu tahu tidak kalau aku menggendongmu saat kau pingsan?”. J-hope keliatan mikir, seakan-akan ngga inget. Trus Suga kayak kecewa gitu. Jimin trus bilang, “gimana dia mau inget kalau itu memang tidak pernah terjadi”. Suga kayak malu gitu, tapi trus dia bilang, “kau harus tahu Hope-a kalau hyung sangat peduli padamu”. (Yoonseok feels T^T)


29. Senyum Taehyung & Sejeong Gugudan tampak sama persis. Tidak aneh, mereka sama-sama AB (tidak nyambung)




30. Suga & Jin masak bareng, dan Jin nyuapin Yoongi. Sama Big Hit, dikasih caption “Jin mom & Suga dad”. 


31. Maafkan Yoonjin feels-ku T^T Bromance dapet :”) pingin dong disuapin sama mas topi item :v 




32. Jadi teringat Boy Meets Evil >< inimah ARMY meets evil :v 




33. Udah ada bus Agust D >_< 






34. Yoonseok sama-sama pake topi jenis ini pas ke bandara. Yoongi yang item, Hoseok yang putih. 




35. Q: Apa yang akan kalian lakukan jika tidak menjadi BTS?” 

Yoongi menjadi composer, Seokjin & V menjadi petani, Hoseok menjadi dancer, Jimin menjadi pak polisi, Jungkook menjadi atlet dan Namjoon menjadi pekerja kantoran. 

36. Untuk voting di Soribada cuma membantu 20%. Biar BTS menang, kalian harus sering-sering streaming Youtube, Spotify atau lagu BTS lewat Genie dkk karena itu akan membantu sebanyak 60%.


[06/08/17]

37. BTS menempati posisi no. 1 dengan MV Spring Day, no. 2 dengan MV Not Today dan no. 19 dengan MV Come Back Home sebagai MV K-pop yang paling banyak disukai pada bulan Agustus 2017. 

38. MV BTS yang paling banyak ditonton rentang Juli - Agustus 2017, di posisi #5 Fire (14,000,771), #6 Not Today (11,942,795), #7 Dope (11,801,763), #9 Blood Sweat & Tears (10,984,836). BTS mendominasi chart yang terdiri dari 100 MV K-pop dengan 12 lagu (grup nomor 2 terbanyak setelah Big Bang), dan Big Hit menempati posisi ketiga sebagai company yang paling banyak lagunya di chart ini setelah YG dan SM. 


39. Dari 39 MV Kpop yang telah melampaui 100juta views, BTS ada di posisi #36 Spring Day, #28 Save Me, #27 Not Today, #20 Boy In Luv, #13 Blood Sweat & Tears, #10 Fire, #7 Dope. Per 4 Agustus 2017. 


40. BTS bakal kolaborasi bareng SHINee, CN Blue, Red Velvet dan Mamamoo di Music Bank in Singapore. Bakal di siarkan tanggal 15 Agustus



41. BTS terpilih sebagai 2017 Brand of The Year, dengan Na Youngseok PD, aktor Gong Yoo dan aktris Lee Hyuri. BTS sendiri terpilih sebagai Singer of The Year

[08/08/17]

42. Agust D : “Saat aku syuting bersama para member, aku bisa istirahat. Tapi (hari ini) aku harus melakukan semuanya seorang diri.” (Pas Yoongi harus syuting Agust D sendiri)

43. Q: “Apa ARMY untukmu?” 

Suga: “Seorang selebriti. Karena aku adalah fansmu.” (BTS 2nd Muster)

44. Kemungkinan BTS menggunakan property serupa permen/lollipop besar di MV baru mereka.  Karena toko permen yang punya property ini update di akun sns mereka.


45. BTS sedang membuat cinema game, itulah kenapa mereka syuting secara satu persatu/individu


46. Aku sendiri juga gak paham sih. Katanya game ads-nya Yoongi itu sebenarnya lagi bikin drama. Seorang fans nanya ke staf BTS, “apakah itu sebuah game?” trus si staff bilang kalau itu adalah drama. 


47. Fans melihat staf Big Hit lagi pada pasang banner BTS Live Trilogy Episode IV di jalan.


48. Fans menemukan, kalo dibalik topi yang dipake Taehyung pas hadir di premier film/drama baru Park Seojoon, ternyata dia pake wig dan keliatan dikit rambut asli di dalemnya, warna ash gray.


49. Jin ngga sengaja nabrak/mukul Yeri pas encore Music Bank Singapore. Mukanya kaget gimana gitu, trus dia bungkuk-bungkuk minta maaf. RM ngeliat gimana Jin yang ceroboh banget itu, ekspresinya O.O 


50. Saat Jin memperkenalkan diri di 2nd Muster, “Car door guy. Aku –” trus Jungkook nyahut “setengah jalan menuju 50”. Jin hanya bisa ngakak, karena itu bener. 


51. Jin ngelus bawah dagunya Taehyung pas nyanyi Spring Day. 


52. Di Music Bank Singapore, BTS kan milih 2 fans beruntung untuk foto bareng mereka. Fans pertama ternyata menipu. Dia sebenarnya ngga dapet telepon dari BTS tapi naik ke atas panggung. Dia kayak seneng banget gitu trus meluk-meluk V, salaman sama semua member & nyuruh Jin buat pegang HP karena tangannya Jin panjang. Trus fans kedua adalah fans muslim, berhijab. Pas dia naik ke atas panggung, J-hope kayak bisikin member lain gitu seolah mengingatkan mereka kalau itu fans muslim. RM yang lagi ngomong langsung berhenti ngomong buat dengerin apa yang diucapin J-hope. Bener, mereka ngga nyoba nyentuh-nyentuh si fans muslim ini. Tapi mereka ramah, langsung kumpul di tengah buat ikut selfi, ngga minta salaman ngga minta pelukan. Pokoknya keren deh. Gara-gara itu J-hope & BTS dipuji sama fans muslim lain. 

[11/08/17]

53. Big Hit ngeluarin photo jacket BTS untuk comeback. Foto-foto itu terlihat seperti film. Jungkook memakai piyama pasien sambil duduk di kursi roda dan megang bunga. Taehyung jongkok di jalanan yang berair, rambutnya warna cokelat hitam. Jimin pake payung pink. Yoongi duduk di dalam terowongan kecil (nggak tau apa itu). J-Hope berdiri di tengah jalan sepi. Rap Monster ada di bus/kereta.




54. Tulisan di poster Jimin: Aku berbohong karena tidak ada alasan untuk mencintai seseorang sepertiku. 


55. Jika kamu menggabungkan semua foto jacket BTS dalam satu frame, tampak 5 member tengah menatap pada satu titik. 


56. Tulisan di poster J-hope: Selama kamu bersinar, aku akan baik-baik saja.


57. Tulisan di poster V : Jika aku membuat pilihan lain mungkin kamu tidak akan pergi


58. Tulisan di poster Suga: Aku tidak ingin kamu mendekat padaku, kamu akan menjadi sengsara


59. Tulisan di poster Rap Monster: Aku hanya melihatmu dari belakang karena sekarang bukanlah waktu yang tepat


60. Tulisan di poster Jungkook: Dan itu membuatku menyadari bahwa aku ingin berlari kemana hatiku ingin


61. Photo jacket-nya Seokjin masih belum di upload sampai detik ini. 


62. Jika kamu menggabungkan semua quote di photo jacket BTS, kamu akan mendapati lirik dari lagu solo tiap member. 


63. Major Lazer mengupload video saat bersama Rap Monster & Jungkook


64. Bon Voyage Eps 7 Behind cam, seorang host di acara itu (BTS lagi ngikutin acara di Hawaii pokok bareng turis lain) meminta orang-orang yang tengah merayakan ulang tahun pernikahan di hari itu untuk berdiri. Dan Namjoon iseng berdiri, diikutin Seokjin. Member cuma bisa ngakak. 


65. Jungkook memegang bunga Baby Breath di posternya. Baby Breath melambangkan kemurnian. Yang mana, Youth/masa muda juga merupakan symbol dari kemurnian, kegembiraan & kebahagiaan. 


66. Photoshoot untuk photo jacket Jungkook dilaksanakan di desa bernama Gaemi Maeul (desa semut). Namjoon bilang kalau dia sering datang ke sana sendirian.


67. Jika 6 quotes di poster BTS digabung, maka akan menjadi: “Di tempat dimana hatiku memimpin, jangan datang mendekat (karena) kamu akan menjadi tidak bahagia. Aku berbohong karena tidak ada alasan untuk mencintai seseorang sepertiku. Aku hanya menonton dari belakangmu, karena sekarang bukanlah waktunya. Jika hanya aku membuat sebuah keputusan yang berbeda, akankah kamu tidak meninggalkanku? Selama kamu bersinar, aku baik-baik saja.”


68. Posternya Taehyung berkaitan dengan Rap Monster


69. MV Dope sekarang sudah di-like sebanyak 2 juta. Viewers-nya masih 195 jutaan. 


70. Yoongi & Taehyung pake sepatu converse di poster mereka. 


71. Orangtuanya Namjoon pernah datang ke konser Epilogue BTS era HYYH. Mereka berfoto di depan posternya Namjoon. 


72. ARMY menemukan keanehan di foto jacket BTS. 5 member selain Jungkook cuma memperlihatkan satu tangan. 


73. Yoonseok pake topi di dalem helm buat ATV [BV S2 Ep 7]


74. 4 member BTS yang kalo ngga salah maknaeline + Jin, loncat ke kolam renang bareng-bareng sambil membuat tulisan ARMY


75. Son Sungdeuk upload foto ruang latihan BTS yang penuh sama coretan item di lantai



76. Kihyun Monsta X, saat ditanya oleh fans, “Siapa orang yang ingin kamu ajak syuting di Celeb Bromance?”. Kihyun jawabnya 3 orang idol, salah satunya Yoongi. 

[12/08/17]

77. Di bulan April, fans pernah mendapati Vkook syuting sesuatu bareng Krystal f(x)

78. Jin jadi trending topic di Korea setelah foto teaser-nya dirilis. Dia mendapat nickname baru yaitu “Joheun Namja” atau Good Boy (sejenisnya lah pokok).


79.  Tulisan di poster Jin : Jika aku dapat memutar ulang waktu, aku ingin menjadi pria terbaik di dunia ini


80. Jin update foto bareng bunga smeraldo di twitter. Ternyata bunya smeraldo punya arti ‘sad love/cinta sedih’ dilihat dari bentuknya yang romantic namun dengan warna yang misterius. Smeraldo sendiri berarti ‘untrue heart’. Bunga ini melambangkan kebebasan, perubahan, mobility, kekuatan, petualangan dan kedinamisan. Tapi juga mengindikasikan frivolity, instability, recklessness, excess & eccentricity. Bunga ini sendiri di jual di toko Flower Smeraldo di Korea. 


81. Bunga Smeraldo yang dibawa Jin pas foto poster itu memiliki sebuah kisah. Yaitu seorang pria berpenampilan/wajah jelek yang bersembunyi di kastil sendirian sambil menanam bunga. Trus suatu hari ada seorang wanita yang mencuri bunga-bunga di kebunnya. Awalnya dia marah, tapi lama-lama dia tahu kalau ternyata bunga-bunga itu dijual sama si wanita ini karena wanita ini miskin dan sakit-sakitan. Dia ingin sekali memberitahu si wanita bagaimana caranya menumbuhkan bunga. Tapi dia tidak mau karena takutnya si wanita ini takut sama dia. Trus dia memutuskan untuk menumbuhkan bunga yang belum pernah ada di dunia, sehingga di cewek ini bisa dateng terus untuk ngambilin bunganya. Lama-lama dia suka sama cewek itu. Tapi sayangnya si cewek udah ngga datang lagi karena udah mati. That’s why Jin megang bunga Smeraldo kayak lagi berkunjung ke makam seseorang. 

[14/08/17]
82. BTS memenangkan penghargaan ‘Choice International Artist’ di Teen Choice Awards, yang menjadikan mereka sebagai grup K-pop kedua setelah Suju di tahun 2015. Pengumuman pemenangnya pada 13 Agustus di Los Angeles. 

[15/08/17]
83. ARMY bikin meme dari foto kaki Jimin yang diposting Jimin sendiri. Keliatan sekali kalo kukunya panjang-panjang, dan ARMY menduga kalau goresan-goresan item di lantai ruang latihan BTS itu akibat dari kaki Jimin. Kata “click clack” yang ada di lirik rap Suga di Cypher pt 4 dianggap adalah suara Jimin pas lagi motong kuku. Dan ARMY menemukan teori bahwa kuku-kuku panjang Jimin ada hubungannya dengan comeback Love Yourself. (ARMY emang super sekali, mencintai sekaligus menistakan idola sendiri)

84. Di drama I Am, ada BTS. Jadi si tokoh utamanya mungkin, dia bilang kalau dia harus nonton itu. Dan nonton yang dimaksud adalah nonton perform BTS. Yang muncul adalah Suga pas perform Blood Sweat & Tears. 

85. V posting foto bareng Park Seojoon (pemeran utama di Hwarang) dengan filter hitam putih. Fans menduga jika V tengah menutupi warna rambut barunya. 

86. HYYH The Note, maksud dari 13 June, Year 22 itu adalah 13 Juni 2013. Jin berusia 22 di tahun 2013, bukan tahun 2022. 

87. Jungkook ternyata pernah ngasih spoiler kalo di MV I Need U dia akan ditabrak mobil dan mati. Tapi ngga yakin juga sih, soalnya di Love Yourself dia terbaring di rumah sakit.

88. Heechul pernah ngevideo dirinya sendiri yang lagi dalam mobil sambil dengerin lagu BTS I Need U. Katanya, itu adalah lagu yang paling dia suka. Dia juga ngeplay lagu BTS yang lain tapi Cuma sekilas doang. Trus dia juga bilang kalau setelah syuting Weekly Idol sama BTS dulu pas era Run, dia jadi temen deket sama Suga.  

Source: Youtube, FB, IG, dll

Subscribe to receive free email updates: